Cara Mendeteksi Kanker Serviks

Kanker serviks yang umumnya banyak disebabkan oleh Virus Human Papiloma (HPV) yakni kutil kelamin yang disebabkan oleh tipe HPV yang menyebabkan kutil kelamin dan banyak ditularkan lewat hubungan intim. Adakalanya seseorang yang terinfeksi HPV tapi tidak terlihat adanya kutil kelamin. Wanita yang terinfeksi jenis HPV yang menjadi penyebab kanker serviks biasanya tidak mengalami gejala-gejala tertentu.

Karena tidak ada gejala melakukan pemeriksaan secara rutin menjadi hak yang sangat penting dalam mendeteksi adanya kelainan pada serviks yang disebabkan oleh HPV. Penularan infeksi virus ini memang banyak terjadi pada mereka yang sering berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual, sehingga memungkinkan adanya penularan infeksi virus yang dimiliki oleh salah satu penderita virus ini.

Ada beberapa langkah dalam mendeteksi kanker serviks sebelum kanker mematikan ini semakin melebarkan infeksi virusnya dan berkembang biak. Berikut beberapa langkah dalam mendeteksi kanker serviks, adalah :

1. Liquid Based Cytology (LBC) merupakan metode terbaru untuk mendeteksi dini kanker serviks yang merupakan perbaikan dari metode pap smear konvensional. Pap smear konvensional dapat mengidentifikasi kelainan pra kanker, tetapi sensitivitasnya hanya sekitar 60 %. Pemeriksaan sitologi berbasis cairan (LBC) dapat meningkatkan akurasi karena menyajikan slide (prepart) yang lebih baik sehingga memudahkan ahli patologi untuk menilai. Sel yang terambil pun tidak ada yang terbuang sehingga akurasi lebih tinggi. Selain itu dengan sample yang sama juga bisa dilakukan pemeriksaan HPV DNA Genotyping.

2. HPV DNA Genotyping merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya virus penyebab kanker serviks berikut dengan subtipenya. Pemeriksaan gabungan LBC dan HPV DNA Genotyping memberikan akurasi maksimal, yaitu sensitivitas 100 % dan mempunyai nilai prediksi negative (NPV) yang tinggi, artinya apabila dinyatakan negatif, maka pasien boleh tenang karena kemungkinan terkena kanker serviks boleh dikatakan tidak ada, setidaknya dalam waktu 3 tahun, sehingga lebih hemat biaya karena baru perlu diperiksa lagi 3 tahun kemudian apabila hasil negatif.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kanker Serviks and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.